Selasa, 18 Desember 2012

You Cook, I Eat


Yuhuuuuuuuuuuu akhirnya pameran You Cook, I Eat yang telah direncanakan dan disiapkan sejak 2 tahun lalu dibuka pada tanggal 16 Desember 2012. Saya dan beberapa 'mantan' relawan Museum angkatan 2008 begitu antusias dan senang menghadiri pameran tersebut. Maklum selain silaturahim dengan Bapak Rudi Coren, kurator museum, kami pun dapat berjumpa dan sedikit ngobrol plus narsis dengan beberapa relawan yang masih bertahan di sana. 

Rundown acara


So apa itu Pameran You Cook, I Eat. Pameran ini merupakan pameran yang berusaha mengangkat nilai budaya makan dengan segala aspeknya. Jadi tidak hanya fakta tentang makanan dari berbagai belahan dunia yang akan ditemui pada pameran ini, tetapi juga segala sesuatu terkait dengan semua aktivitas sebelum makanan dihidangkan hingga persoalan sosial: kelaparan yang terjadi di beberapa negara di Afrika dan Timur Tengah juga diangkat. Ada peralatan dan perangkat untuk mengolah makanan, ada pula beragam bentuk makanan olahan hingga folklore tentang manusia kanibal. Nah, karena pameran ini diselenggarakan oleh Museum Mainan Anak Pertama di Indonesia, Museum Anak Kolong Tangga Jogja maka, tentu saja, ada beberapa mainan masak-memasak dan replikanya. Lebih serunya terdapat pula, replika dapur orang Jawa yang dibangun di salah satu sudut ruangan, lengkap dengan semua perabot, lampu dan lain-lain. Penasaran? 

Ayok kunjungi Pameran You Cook, I Eat di Taman Budaya Jogja mulai dari tanggal 16-26 Desember 2012. Liburan sekaligus bernostalgia dan menambah pengetahuan tentang budaya makan dunia dapat diagendakan lho ^_^v. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke stan-stan penjual makanan tradisional dan pernak-pernik lucu karya seniman Jogja. 

Selebihnya, biarkan foto yang berbicara =D