Senin, 23 Juli 2012

Janji Setahun Lalu

20 Juli 2012 akhirnya janji yang sempat tertunda setahun lalu tertunaikan. Ya janji saya untuk mengabari teman-teman kecil perpustakaan Burung Biru Museum Anak Kolong Tangga Jogja akhirnya terwujud.
Ceritanya ni setahun lalu, ada liputan dari SCTV untuk kegiatan di Museum Anak Kolong Tangga Jogja. Siang itu, kami mengajak anak-anak sekitar Sekretariat Yayasan Dunia Damai-Museum Anak Kolong Tangga Jogja untuk bermain di Museum sebagai rewards karena mereka telah mengikuti beberapa program perpustakaan yang diberikan untuk mereka. Alhasil, Panji, Yudha, Nona, dkk yang hadir dan mengikuti workshop Membuat Wayang. Seperti apa hasil liputan siang itu, sila kunjungi link berikut ini: 
Liburan di Museum Anak Kolong Tangga

Suasana workshop Wayang siang itu 

Nah, kelar liputan dan bermain bersama itu, seharusnya setelah mengetahui jadwal publish hasil liputan SCTV itu saya mengabari teman-teman kecil Museum tersebut. Tetapi saya terlambat memberitahukan info tersebut pada teman-teman kecil kami. Maklum saya sendiri tidak sempat melihat hasil liputan SCTV ketika publish ke khalayak umum karena sibuk mengurus usaha kedai jus buah saya di Jember. Ya setahun berlalu dengan memendam perasaan tidak enak selama itu, alhamdulillah, Jumat siang itu saya bersama dengan Primi, teman relawan di Museum akhirnya merealisasikan janji itu. 

Namun, karena amat sangat terlambat, saya mengganti janji menunjukan video hasil liputan SCTV tersebut dengan buku tulis hasil donasi dari teman saya Bonnie C Nova. Bonnie memberikan amanah agar donasi buku tulisnya diberikan pada mereka yang membutuhkan. Nah, karena setahun lalu, saya tidak memiliki momentum yang pas untuk memberikan buku-buku tulis itu, maka sekaranglah saya berikan buku-buku tersebut. Memanfaatkan momentum tahun ajaran baru memberikan buku tulis untuk anak-anak Surokarsan yang notabene hidup sederhana di pinggiran Kali Code.
(Maaf Bonnie amanahmu baru kurealisasikan sekarang, pun untuk donasikan buku-buku tulis itu ke anak-anak Merapi. Tak ingin memberikan buku pada momentum yang biasa saja, tak apakan? Apa aku telah melanggar amanahmu?)

Siang itu, saya dan Primi langsung meluncur ke rumah Panji. Kebetulan dia dan sang ayah sedang asyik nongkrong di pos ronda. Saya sempat lupa dan malah ingat dengan Ipin, kakak Panji. Setelah mengingat, baru deh sadar, hehehe. Saya menjelaskan kedatangan saya dan memintanya untuk mengingat siapa saja yang ikut kegiatan liputan setahun lalu. Dia mencoba mengingatnya dan memanggil Yudha dan Nana. Ada 8 buku tulis berserta alat tulis donasi Bonnie yang saya serahkan dan titipkan ke Panji untuk diberikan pada teman-temannya yang lain. Alhamdulillah akhirnya dua janji terealisasikan :)
Janji setahun lalu akhirnya saya tepati :)
Pengen tahu lebih lanjut tentang Museum Anak Kolong Tangga Jogja, sila follow twitter-nya:
@kolongtangga